Jumat, 15 April 2011

Tips Pengembangan Diri

Hargai Dirimu..
Seseorang sering kali menuntut untuk dihargai oleh orang lain dan lingkungannya. Namun kerap tuntutan itu menggiring orang lupa pada hakekat rasa hormat dan respect yang sesungguhnya. Orang yang menghargai kita adalah yang melihat bagaimana kita menghargai diri sendiri.  Mereka juga menilai dari bagaimana kita memanfaatkan potensi diri dan membuat skala prioritas dalam hidup.  Itulah kiranya yang membuat seseorang mengidolakan, terinspirasi, dan berpanut pada orang yang sangat mereka hargai. Dalam pepatah jawa diungkapkan “Ajine diri saka lathi, lan ajine raga saka busono” adalah benar maknanya. Untuk itu ada hal-hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan respect  kita terhadap diri. Mari kita ricek apakah hal tersebut sudah ada pada diri ataukah sudah kita lakukan?
  • Bertutur dan bersikaplah sebagaimana kodrat. Karena sikap dan tutur akan membuat perbedaan dan menempatkan kita pada tempat seharusnya.
  • Menjadi pendengar dan sedikit bicara. Sebab dengan demikian kita akan lebih banyak tahu dari pada yang kita kira sekaligus memberi kesempatan pada akal pikiran untuk bekerja dan mengolahnya. Sehingga kita dapat menentukan sikap dan melakukan pilih
  • Lakukan sosialisasi yang tulus dan baik. Hal ini bukan tentang berapa banyak teman yang kita miliki tapi bagaimana kita menjalin pertemanan dan memilih teman yang baik bagi hidup kita.
  • Galilah potensi positif dalam diri dan manfaatkan untuk orang banyak. Jangan takut pada kesalahan, karena kita tidak akan mengerti hal yang benar jika kita tidak tahu apa yang salah.
  • ΓΌ  Tampilkan yang terbaik dari diri sendiri. Selalu berpakaian rapi, pandai menyesuaikan dengan situasi, menjaga kebersihan dan kesehatan. 
  • Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disenangi. Sekalipun itu “gila” atau “unik” yang penting itu membahagiakan. Lakukan sendiri atau bersama dengan orang tercinta tidak jadi soal. Just being happy.
Semua yang saya tulis di atas adalah langkah sederhana untuk memulai mencintai dan menghargai diri sendiri. Dengan demikian akan timbul rasa percaya diri dan muncullah energy positif dari dalam pribadi, yang akan memberi kesan baik terhadap orang lain. Dan kita pun akan dihargai dan dihormati dengan semua yang kita miliki tanpa ada manipulasi dalam bentuk apa pun. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar