Rabu, 20 April 2011

Gatal? Jangan Anggap Remeh

Pernahkah Anda mengalami gatal-gatal pada tubuh dan kulit? Jangan anggap sepele. Karena gatal bisa berakibat pada infeksi dan peradangan. Gatal adalah suatu reaksi tubuh terhadap gangguan yang berasal dari luar.  Oleh sebab itu kenalilah penyebab gatal tersebut sebelum melakukan pengobatan.
1.       Dermatitis/radang kulit, biang keringat, scabies/gudik, kutu, cacar air, dll. Biasanya gatal jenis ini timbul di bagian tubuh tertentu berupa bintik dan ruam kemerahan.
2.       Penyakit dalam, yang mengganggu keseimbangan fungsi dalam tubuh, seperti penyakit liver, gangguan ginjal, gangguan tiroid, kanker, dll. Gatal jenis ini biasa timbul di seluruh tubuh.
3.       Iritasi dan alergi terhadap bahan kimia yang biasa terkandung dalam kosmetik, makanan, minuman,dll.
4.       Reaksi terhadap obat-obatan, seperti antibiotic, anti jamur, analgesic, obat berdosis tinggi, dll.
5.       Jamur, yang biasa timbul karena kelembaban tinggi dan kebersihan diri yang kurang diperhatikan.

Penanganan :
1.       Jenis gatal yang paling ringan adalah yang disebabkan oleh biang keringat, yaitu yang disebabkan timbulnya keringat secara berlebih sehingga menyebabkan tertutupnya kelenjar keringat, timbullah bintik-bintik merah dan rasa gatal yang mengganggu. Untuk mengatasinya cukup dengan  memberi bedak atau lotion antiseptic setelah membersihkan terlebih dahulu bagian tubuh yang gatal.
2.       Jenis ke dua yang paling ringan adalah gatal akibat gigitan serangga. Selain mengandung racun penyebab gatal, serangga juga carrier atau pembawa penyakit dari sumber yang dia hinggapi sebelumnya. Seperti penyakit demam berdarah, malaria, dll. Jika sudah demikian maka penangannya harus lebih intensif lagi. Sedangkan untuk gigitan serangga cukup dioleskan lotion atau minyak untuk menghilangkan rasa gatal.
3.       Gatal yang disebabkan iritasi dan alergi harus di ketahui terlebih dahulu sumber atau pemicunya. Langkah pertama adalah hindarkan dari pemicu tersebut. Jika masih timbul rasa gatal diikuti dengan muncul bercak kemerahan atau lebih parah lagi mengandung nanah maka segera periksakan ke dokter.
4.       Gatal yang disebabkan oleh jamur bisa diobati dengan lotion atau cream tertentu. Namun tindakan yang lebih tepat adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Kondisikan rumah dan ruangan selalu mendapat sirkulasi udara yang baik dan  cukup sinar matahari.
5.       Untuk gatal yang disebabkan oleh adanya penyakit dalam dan alergi terhadap obat-obatan sebaiknya segera dikonsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
Pencegahan :
Ø  Makan selalu makanan bergizi seimbang, lakukan pengolahan makanan dengan benar dan variasikan jenis makanan/menu setiap hari.
Ø  Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi diri, keluarga dan lingkungan.
Ø  Berantas tempat-tempat yang bisa digunakan sebagai sarang serangga atau binatang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar